Debarking Bukan Solusi!

Debarking bukan solusi!

Baru-baru ini viral postingan pemotongan lidah anjing ditempat umum di PRC untuk menghilangkan suara gonggongan anjing. Istilah menghilangkan suara ini disebut Debarking/Devokalisasi.

Menggonggong adalah sarana untuk mengkomunikasikan banyak perasaan seperti curiga, ketakutan, frustrasi, rasa sakit, kebosanan, atau bahkan kebahagiaan. Menggonggong adalah hal alami untuk bersuara dan berkomunikasi. Merampas sarana ekspresi utama mereka tidak dapat dibenarkan dan sangat kejam.

Debarking, atau devokalisasi, adalah prosedur operasi invasif yang melibatkan pelepasan sejumlah besar jaringan laring. Ini melibatkan banyak rasa sakit pascaoperasi. Karena prosedur ini tidak perlu dan secara inheren kejam, banyak dokter hewan mengutuknya dan menolak untuk melakukannya.

* Laring, atau kotak suara (voicebox), adalah organ pada leher mamalia yang melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara. Laring adalah saluran pernapasan yang membawa udara menuju ke trakea. Laring mengandung pita suara (vocal cord).

Anda Bisa Mengajar Trik Baru!

Jika anjing Anda memiliki masalah menggonggong, jangan terima debarking sebagai solusinya. Sebagai gantinya, hadapi masalah gejala kebosanan dan kesepian anjing anda! Ada banyak solusi sederhana dan efektif, termasuk yang berikut ini:

Yang terpenting, jika anjing anda menghabiskan sepanjang hari di luar rumah sendirian di halaman, bawalah dia ke dalam rumah dan dekatkan dengan anda.

Cari rujukan ke pelatih anjing, dog walker atau tempat penitipan anak anjing, atau temukan taman / tempat kumpul pencinta anjing & mulailah saling bersosialisasi.

Debarking juga melanggar 5 Prinsip Kesejahteraan Hewan & termasuk kategori penyiksaan.

Kalau anda sudah berkomitmen pelihara anjing, tentunya tahu segala konsekuensi yang akan dihadapi dikemudian hari, termasuk gonggongan anjing anda.

Stop Debarking! Stop Animal Abuse! Stop Dog Cruelty!