Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan


Pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat stres lebih rendah dan cenderung lebih jarang sakit dibanding yang tidak memelihara hewan.

Jika dirawat dan dilatih dengan baik, hewan peliharaan dapat menjadi teman yang membantu manusia untuk tetap sehat. Namun di sisi lain, jika tidak dijaga, hewan juga dapat mendatangkan efek buruk bagi kesehatan.

  • Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Memelihara hewan mendatangkan banyak manfaat, baik dari sisi psikologis maupun kesehatan. Efek positif ini tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tapi juga lansia, anak-anak, dan juga pengidap penyakit tertentu.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun orang yang memiliki hewan peliharaan lebih baik daripada yang tidak. Penelitian membuktikan bahwa lansia berusia lebih dari 65 yang memiliki hewan peliharaan terbukti memiliki tingkat kunjungan ke dokter 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Kekebalan tubuh yang lebih baik juga terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan. Berlawanan dengan anggapan umum, penelitian terbaru mengungkap bahwa balita yang dibesarkan dalam rumah dengan hewan peliharaan, cenderung lebih terlindungi dari alergi, asma dan eksim, yaitu alergi kulit yang menyebabkan gatal dan kemerahan.

  • Mengurangi stres dan rasa jenuh

Memiliki aktivitas yang cukup padat dapat meningkatkan risiko stres dan kejenuhan. Banyak cara untuk mengurangi stres, salah satu contohnya adalah memiliki hewan peliharaan. Dengan melihat tingkah lucu dari hewan tersebut membuat kita senang dan sejenak bisa melupakan masalah kita. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya dan juga memotivasi kita agar bisa mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Bermain bersama hewan peliharaan juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sehingga meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang bersifat menenangkan dan menggembirakan bagi pikiran. Sekadar memandangi ikan peliharaan di akuarium saja dapat meredakan ketegangan dan stres. Selain itu, memelihara hewan juga dapat membuat manusia terhindar dari perasaan kesepian yang dapat memicu atau memperburuk penyakit fisik atau psikologis seperti depresi. Dengan hewan peliharaan, anak yang memiliki kesulitan belajar dapat mengelola stres dan belajar menenangkan diri. Penelitian lain membuktikan bahwa keberadaan hewan peliharaan di rumah membuat lansia dengan Alzheimer cenderung merasa lebih rileks.

  • Teman bergerak aktif

Memelihara atau bermain bersama hewan peliharaan juga mendorong Anda untuk bergerak aktif. Aktivitas ini merupakan alternatif yang tepat jika Anda enggan berolahraga serius. Bermain bola dengan kucing, berjalan kaki bersama anjing, atau membersihkan kolam ikan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat tubuh sehat. Pengidap penyakit jantung juga dapat bergerak aktif dan memperbaiki fungsi jantung saat bermain bersama hewan peliharaan.

  • Interaksi sosial

Berdasarkan penelitian, anak dengan autisme juga dapat berinteraksi dengan lebih baik jika ada hewan peliharaan di sekitar mereka. Memelihara hewan juga dapat membuat Anda lebih berpeluang memiliki hubungan sosial baru, terutama dengan sesama orang yang menggemari hewan yang sama. Interaksi ini dapat dilakukan oleh siapa pun, baik jika Anda sedang terbaring sakit, melalui jaringan internet, maupun ketika Anda sedang berolahraga sambil membawa hewan peliharaan. Jalinan pertemanan dan dukungan sosial yang kuat akan membuat Anda lebih sehat sebagai seorang individu.

Beberapa tambahan lain yang bermanfaat bagi kita baca :

  • Melatih untuk lebih bertanggung jawab

Mempunyai hewan peliharaan bukan hanya untuk dilihat dan dinikmati saja, tetapi kita juga punya kewajiban untuk merawat hewan tersebut. Hewan peliharaan juga makhluk hidup yang butuh makan dan minum juga. Dengan memiliki hewan peliharaan kita dapat belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas binatang peliharaan kita.

  • Membuat orang lebih rajin

Dengan memiliki rasa tanggung jawab atas hewan peliharaan, kita sekarang dituntut untuk rajin merawat hewan tersebut. Mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan saja. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus menerus.

  • Menjadikan Anda pribadi yang lebih baik

Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar. Secara tidak sadar kita juga punya sifat penyayang dan tidak mudah marah.

  • Mempererat hubungan kita dengan keluarga

Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Usahakan hewan peliharaan tersebut  disukai oleh semua anggota keluarga kita. Melakukan aktivitas secara bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga, dapat membuat hubungan kita dengan keluarga semakin dekat.

  • Membuat Anda betah di rumah

Adanya hewan peliharaan di rumah memang cukup membuat suasana rumah menjadi lebih baik. Selama kita memelihara hewan di rumah, kita akan selalu rindu pulang untuk bertemu dengan mereka. Melihat aksi lucu dari hewan tersebut membuat kita enggan untuk pergi ke mana-mana. Dengan adanya hal ini kita dapat mengurangi bepergian ke tempat-tempat yang kurang menguntungkan untuk kita. Lebih baik langsung pulang ke rumah dan bermain dengan mereka.

  • Memberi pengaruh yang positif untuk kesehatan

Manfaat kesehatan dari merawat hewan peliharaan cukup banyak diteliti dan diakui. Tidak hanya memberi keuntungan dalam segi psikologis tetapi juga memberi hal positif dari segi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan menjadikan tekanan darah dan denyut nadi normal. Rutin mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan mampu membakar kalori kita sehingga dapat digunakan untuk terapi menurunkan berat badan.

Walaupun memiliki banyak dampak positifnya, memiliki hewan peliharaan memerlukan perawatan khusus agar terhindar dari penyakit. Lakukan perawatan yang rutin dan teratur serta sering mencari info penting tentang cara merawat hewan peliharaan Anda. Dan jangan lupa untuk membawa hewan Anda pergi ke dokter hewan saat mereka sedang sakit. Semoga bermanfaat!