Kampanye Steril


STERILISASI 200 ANJING DALAM RANGKA MENGENDALIKAN POPULASI ANJING DI DKI JAKARTA



Komunitas Jakarta Dog Lovers adalah komunitas pencinta anjing yang terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan HAM dengan nama Yayasan Pencinta Satwa Jakarta. Tahun 2016 lalu, telah menjalankan kegiatan sosial melalui pemberian vaksin lengkap gratis dalam rangka mengkampanyekan Anjing Sehat Bebas Rabies. Total vaksin lengkap yang diberikan adalah 200 Vaksin lengkap Gratis dan 150 Vaksin Lengkap dengan harga subsidi.

Pada tahun ini, komunitas Jakarta Dog Lovers melakukan penggalangan dana untuk mengajak para pencinta satwa dan pencinta anjing pada khususnya agar ikut serta dalam pengendalian populasi anjing agar tidak kembali menjadi wabah di DKI Jakarta. Selain program steril, Jakarta Dog Lovers tetap melakukan edukasi agar para pemilik anjing tidak melakukan breeding silang dan pencinta anjing yang memilih menjadi pembiak harus mengikuti standar prosedur yang ditetapkan melalui asosiasi pembiak resmi.

Kenapa hanya 200 anjing? dari angka 200 anjing ini komunitas Jakarta Dog Lovers mengharapkan agar Pemerintah Provinsi DKI mengambil alih dan meneruskan program ini agar seterusnya Program Sterilisasi bagi anjing-anjing jalanan menjadi lebih tertata. Yakni agar tidak menjalankan program Steril lalu kembalikan ke jalanan, atau setelah steril lalu dibiarkan. Melainkan memberikan perhatian lebih kepada anjing yang telah di steril. Karena apabila setelah di steril dan anjing kembali dilepas begitu saja di jalanan, maka sama dengan melepaskan wabah ditengah-tengah masyarakat.

Target untuk tahun ini adalah 200 anjing, dimana setelah di steril anjing-anjing ini tidak dilepaskan begitu saja. Maka dari itu prioritas utama adalah anjing-anjing yang dikumpulkan oleh aktivis dan relawan di rumah penampungannya, atau bahkan di rumah pribadinya. Memberdayakan Pusat Kesehatan Hewan di tiap wilayah administratif di Jakarta untuk melaksanakan sterilisasi gratis ini serta memberikan perawatan paska steril kepada anjing-anjing tersebut sampai mendapatkan calon pemilik.

Bagi pemilik anjing yang merupakan anggota komunitas, maka akan diberikan fasilitas steril subsidi (kualitas komersial dengan harga subsidi). Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada para pemilik anjing untuk memelihara anjing sesuai taraf hidup atau sesuai kemampuan, dan untuk menghindari adanya pembiakan maka bisa melakukan steril dengan harga yang terjangkau.

Mulai bertahap, kegiatan steril gratis untuk anjing tak berpemilik di shelter dilaksanakan. Untuk steril subsidi bagi anjing berpemilik sudah pada tahap verifikasi.

Mari bersama kita membantu mengendalikan populasi anjing agar tidak dianggap menjadi wabah di Jabodetabek.

www.kitabisa.com/kampanyesteril
www.jakartadoglovers.com
www.petsocieties.com